Kaitan Antara Kesehatan Mulut dengan Tubuh

5 Langkah Cara Menyikat Gigi Yang Benar
July 9, 2017
KURANG TIDUR BISA MEMICU ASMA?
May 3, 2019

Mulut adalah jendela kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena dari keadaan mulut kita dapat melihat adanya tanda-tanda kelainan pada tubuh seperti kekurangan zat nutrisi atau infeksi pada tubuh. Sebagai contoh, penyakit sistemik ( yaitu penyakit yang berpengaruh pada seluruh tubuh seperti AIDS, diabetes, dan lainnya) bias dikenali dari lesi di mulut atau permasalahan mulut lainnya. Nah, kali ini

Mulut itu sendiri merupakan habitat dari berbagai macam bakteri. Walaupun sebagian dari bakteri itu sendiri ada yang tidakberbahaya, tetapi ada juga yang bias menyebabkan infeksi seperti gigi berlubang ataupun peradangan gusi. Secara normal, pertahanan tubuh dan penjagaan terhadap kebersihan mulut seperti menyikat gigi dapat mengontrol jumlah bakteri tersebut.

Beberapa penelitian menyatakan telah ditemukan keterkaitan antara peradangan gusi dengan penyakit lain seperti penyakit kardiovaskular, stroke dan pneumonia. Keterkaitan tersebut juga dapat ditemukan pada wanita hamil. Pada wanita hamil dengan peradangan gusi dapat meningkatkan resiko kelahiran premature atau kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

Beberapa obat seperti dekongestan, antihistamin, analgesic dan diuretic dapat mengurangi aliran saliva (air liur). Saliva membantu dalam pembersihan makanan di dalam mulut danmenetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri dalam mulut, serta melindungi tubuh dari invasi mikroorganisme.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat dikaitkan dengan kesehatan mulut:

1. Endokarditis

Endokarditis merupakan infeksi pada lapisan dalam jantung (endokardium). Endokarditis biasanya terjadi ketika bakteri atau mikroorganisme dari bagian tubuh yang lain seperti mulut menyebar melalui aliran darah dan menempel pada area jantung yang mengalami kerusakan.

2. Penyakit kardiovaskular

Beberapa penelitian menyatakan bahwa penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke dapat dikaitkan dengan peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada mulut.

3. Kehamilan dan kelahiran

Banyak penelitian yang membuktikan keterkaitan antara peradangan gusi dengan kelahiran prematur dan kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

4. Diabetes

Penyakit diabetes dapat mengurangi ketahanan tubuh seseorang terhadap infeksi. Hal tersebut menyebabkan gusi lebih rentan terkena penyakit. Penelitian membuktikan bahwa penderita peradangan gusi memiliki kesulitan mengontrol kadar gula darah mereka.

5. HIV/AIDS

Permasalahan pada rongga mulut seperti luka, sariawan ataupun peradangan sering terjadi pada penderita HIV/AIDS.

6. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang dapat mengakibabtkan tulang menjadi lemah dan rapuh dapat dikaitkan dengan kehilangan tulang rahang dan gigi.

7. Alzheimer

Banyak kehilangan gigi sebelum usia 35 tahun dapat menjadi faktor resiko untuk Alzheimer.